Dinas Lingkungan Hidup Kota Batam Melaksanakan Hari Sampah Nasional

            Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) diperingati setiap tanggal 21 Februari. Kementrian Negara Lingkungan Hidup mencanangkan 21 Februari 2006 sebagai Hari Peduli Sampah Nasional untuk pertama kalinya. Peringatan ini muncul atas ide dan desakan dari sejumlah pihak untuk mengenang peristiwa di Leuwigajah, Cimahi, Jawa Barat, pada 21 Februari 2005 di mana sampah dapat menjadi mesin pembunuh yang merenggut nyawa lebih dari 100 jiwa.

            Pada peristiwa naas tersebut, terjadi akibat curah hujan yang tinggi dan ledakan gas metana pada tumpukan sampah. Akibatnya 157 jiwa melayang dan dua kampung (Cilimus dan Pojok) hilang dari peta karena tergulung longsoran sampah yang berasal dari Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Leuwigajah. Tragedi ini memicu dicanangkannya Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) yang diperingati tepat di tanggal insiden itu terjadi.

            Sampah memang menjadi masalah besar di berbagai kota di Indonesia khususnya di kota maju sekalipun seperti Kota Batam. Salah satu penyebab peristiwa tersebut adalah rendahnya kesadaran masyarakat terhadap dampak yang ditimbulkan dari sampah. Saat ini, bidang Pengelolaan Persampahan dan bidang Perlindungan Lingkungan DLH Kota Batam bekerja maksimal untuk menangani masalah tersebut. Masalah yang satu ini tidak bisa di anggap sebelah mata karena salah satu syarat untuk menjadi kota maju ditentukan dengan bagaimana kota tersebut mengelola sampah dengan baik. Berdasarkan hal tersebut, Dinas Lingkungan Hidup Kota Batam melalui Hari Peduli Sampah Nasional mengajak seluruh masyarakat Kota Batam untuk menjaga kebersihan lingkungan sekitar dengan membuang sampah pada tempatnya.

HPSN Tahun 2019 ini diperingati melalui rangkaian kegiatan yang meliputi:

  1. Tanggal 21 Februari 2019, Kegiatan Gotong Royong Bersih Pantai di Bengkong Laut Kecamatan Bengkong bersama Polda Kepri yang diikuti oleh Pemerintahan Kota Batam, Kepolisian, TNI, Instansi Vertikal, Pelajar, dan Masyarakat.
  2. Tanggal 21 Februari 2019, Kegiatan Gotong Royong Bersih Pantai di Pantai Nongsa bersama POLAIRUD yang diikuti oleh Pemerintah Kota Batam, Pelajar, dan Masyarakat.
  3. Tanggal 11 Februari 2019, Kegiatan Workshop Pemanfaatan Sampah di Aula Auditorium Universitas Internasional Batam. Workshop ini meliputi pelatihan pembuatan kompos (composting), ecobrick, dan penampilan kreasi pemanfaatan sampah lainnya. Workshop ini diikuti perwakilan industri, sekolah, dan masyarakat.
  4. Tanggal 10 Februari 2019 s.d 10 Maret 2019, Kegiatan Lomba Karya dan Baca Puisi dan Lomba Kreatifitas Pemanfaatan Sampah Anorganik Tingkat Pelajar SMP & SMA Se-Kota Batam.
  5. Tanggal 17 Maret 2019, Kegiatan Gotong Royong Bersih Pantai di Tanjung Seberang Harbour Bay (Tanjung Uma), yang merupakan puncak acara rangkaian kegiatan Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) Tahun 2019 yang diikurti Seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kota Batam, Instansi Vertikal, Pelajar serta Masyarakat.

Puncak acara HPSN diperingati pada hariminggu 17 maret 2019. Dinas Lingkungan Hidup Kota Batam melakukan aksi gotong royong untuk memperingati Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) yang diselenggarakan di 5 titik lokasi yang dianggap tercemar oleh sampah, yakni seputar Tanjung diseberang Harbour Bay, Kelurahan Tanjung Utama, Kecamatan Lubuk Baja Batam yang di ikuti oleh instansi pemerintahan, Siswa-Siswi pramuka, TNI, POLRI, BP Batam, masyarakat sekitar dan beberapa perusahaan yang dimulai pada pukul 09.00 WIB sampai dengan 12.00 WIB dan diagendakan akan dibuka oleh Walikota Batam. Namun, karena ada mendadak agenda acara lain, maka Bapak Walikota Batam H Muhammad Rudi, SE. MM diwakilkan oleh kepada Sekretaris Daerah Kota Batam, Bapak Drs. Jefridin, MPd, dan  Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Batam  Bapak Dr. Herman Rozie

Hasil dari kegiatan Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) Kota Batam Tahun 2019 adalah sebagai berikut :

  1. Tanggal 21 Febuari 2019, Kegiatan Gtotng Royong Bersih Pantai di Bengkong Laut

Kecamatan Bengkong diperoleh sampah yang diangkat sebanyak 20 ton.

  1. Tanggal 21 Febuari 2019, Kegiatan Gotong Royong Bersih Pantai Nongsa di peroleh sampah yang diangkat sebanyak 4 ton.
  2. Tanggal 11 Febuari 2019, Kegiatan Workshop Pemanfaatan Sampah Di Aula Auditorium Universitas Internasional Batam. Workshop ini meliputi pelatihan pembuatan kompos (composting), ecobrick ,dan penampilan kreasi pemanfaatan sampah lainnya.  Acara ini dihadiri oleh 107 (seratus tujuh) orang peserta.
  3. Tanggal 10 Febuari 2019 s.d 10 Maret 2019, Kegiatan Lomba Karya dan Baca Puisi dan Lomba Kreatifitas Pemanfaatan Sampah Anorganik Tingkat Pelajar SMP & SMA Se-Kota Batam. Pemenang lomba tersebut meliputi:  

Pemenang Lomba Karya dan Baca Puisi

Yurista Fatinah

Juara 1

“Menggiring Gonggong Karakter”

SMAN 12 Batam

Adilah Putri Nafsiah

Juara 2

“ Mari Kelola Sampah”

SMAN 8 Batam

Muhammad Amanda Prayoga

Juara 3

“Tanggung   Jawabmu”

SMAN 3 Batam

 

 

Pemenang Lomba Kreatifitas Pemanfaatan Sampah Anorganik

Hermion Carolina Federova Sarah Purba

Juara 1

“Lampu Belajar dan Tempat Pensil”

SMAN 24 Batam

Alya

Juara 2

“Rubik Kamarku”

SMAN 8 Batam

Seravina Galuh A.

Juara 3

“Dompet dari Gelang Teh Gelas dan Tempat Buku dari Jirigen Bekas”

SMPN 26 Batam

 

  1. Tanggal 17 Maret 2019, Kegiatan Gotong Royong Bersih Pantai di Tanjung Seberang Harbour Bay (Tanjung Uma), diperoleh sampah yang diangkat sebanyak 30 ton.

 

Tags  

Komentar (0)

Tinggalkan sebuah komentar

Silahkan masuk untuk memulai komentar.