Hari Gerakan Sejuta Pohon Sedunia

Hari sejuta pohon sedunia diperingati pada tanggal 10 Januari setiap tahunnya oleh masyarakat dunia.

Meski tidak banyak selebrasi yang digelar, tetapi penting untuk mengetahui kelestarian pohon yang bermanfaat banyak bagi manusia. Di Indonesia sendiri Hari Sejuta Pohon Sedunia itu dilakukan pada masa Presiden Soeharto yakni pada 10 Januari 1993. Tentu saja Hari Sejuta Pohon Sedunia itu menjadi momentum untuk melestarikan hutan beserta pohonnya.

Dalam perkembangannya, Indonesia bahkan pernah menerapkan kebijakan pelestarian pohon melalui Gerakan Satu Miliar Pohon.Gerakan Satu Miliar Pohon dicanangkan di era pemerintahan Presiden SBY pada 2011.Gerakan itu sangat penting mengingat fungsi pohon yang bermanfaat bagi kehidupan manusia. Diketahui, satu pohon bisa menyerap karbondioksida (CO2) hingga 28 ton per tahun dan menampung air hingga 100 liter per tahun. Sementara kebutuhan manusia akan oksigen adalah 10 ton per tahun dan air sekira 10 liter per hari.

Hari Satu Juta Pohon merupakan bukti kepedulian dunia menjaga pohon. Maka dari itu ayo menanam pohon demi masa depan bumi yang lebih baik.

Tags  

Komentar (0)

Tinggalkan sebuah komentar

Silahkan masuk untuk memulai komentar.