843 Ton Sampah diangkut Perhari, DLH Kota Batam mengajak Masyarakat Berpartisipasi wujudkan 2020 Batam Bebas Sampah

Bidang Pengelolaan Persampahan dibawah Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Batam melakukan pelayanan pengangkutan  sampah rata-rata 843 ton perhari. Kamis (19/07/2018)

Lokasi pelayanan persampahan tersebar di  sembilan Kecamatan yang ada di Kota Batam, yakni Kecamatan Batam Kota, Kecamatan Sagulung, Kecamatan Sekupang, Kecamatan Batu Ampar, Kecamatan Bengkong, Kecamatan Nongsa, Kecamatan Sei Beduk, Kecamatan Batu Aji dan Kecamatan Lubuk Baja.

Sebanyak 116 unit  armada kebersihan yang dikerahkan untuk  mewujudkan Kota Batam yang bersih bebas sampah, serta aman dari ancaman lingkungan  itu diantaranya, 38 Arm rool, 68 dump truck dan 10 compektor.

“Armada Arm rool melayani pengangkutan sampah 4/trip perhari dengan dengan rata pengangkutan 3-4 ton/ trip berat bersih sampah, untuk Dump truck 2 rit/ hari dengan rata-rata pengankutan 3-4 ton/ trip berat bersih Sampah , untuk compektor  2 trip/ hari dengan rata-rata pengangkutan 3-4 ton/trip  berat bersih sampah, hingga Rata-rata pelayanan persampahan dinas Lingkungan Hidup Kota Batam rata-rata mencapai 300 trip/hari dengan jumlah sampah bersih rata-rata  843 ton/hari.”Kata KABID Pengelolaan Persampahan bapak Faisal Novrieco,S.STP, MPA  “

Dinas Lingkungan Hidup Kota Batam melalui bidang pengelolaan persampahan,  berusaha semaksimal mungkin untuk meningkatkan kualitas pelayanan persampahan, namun di akui masih ada lokasi yang kadang terdelay di karenakan kemampuan armada terbatas.

Setiap kendaraan di tentukan jadwal  untuk pelayanan persampahan 1 minggu dua kali pelayanan , sesuai dengan lokasi tugas di kecamatan yang sudah di tentukan, namun kadang sering terjadi penumpukan sampah yang berlebihan padahal tempat tersebut belum waktunya pengangkutan, terpaksa kita angkut yang urgent,Jelasnya.

Ada juga  lokasi-lokasi yang pelayanan persampahannya setiap hari contohnya pasar-pasar yang ada di kota batam contohnya seperti pasar Tos 3000 Jodoh, pasar induk pasar SP dll,

Pelayanan persampahan di perumahan di bagi  menjadi 2 pelayanan antara, pengangkutan yang dilayani oleh armada kebersiahan dinas lingkungan hidup dan pengangkutan yang di layani oleh armada pick up kecamatan.

Picka up kecamatan yang memperbantukan pelayanan persampahan di perumahan dan di angkut ke TPS BIN atau TPS permanen yang sudah di sediakan selanjutnya armada kita yang akan mengakut sampah dari TPS ke TPA, Ungkapnya

Apapun program pemerintah untuk mewujudkan 2020 batam bebas sampah, harus ada kerja sama dan partisipasi semua pihak baik masyarakat dan pemerintah harus terlibat dan terpenting kesadaran kita bersama tanpa terkeculai, salah satunya tidak membuang sampah di sembarangan tempat, apalagi selokan karena dapat menyebabkan kebanjiran pada saat musim hujan.

Dinas lingkungan hidup kota batam, berupaya terus memperbaiki kinerja pelayanan persampahan dan kebersihan jalan.

Sebagaimana di kota-kota lain, DLH Batam juga menjalankan program bank sampah bernama “Bank Sampah Batam (BSB)”. BSB telah memiliki sejumlah unit bank sampah binaan yang dikelola masyarakat di sejumlah lokasi. Ada empat aspek yang hendak dicapai melalui program ini, yakni aspek lingkungan, aspek sosial, aspek pemberdayaan, dan aspek ekonomi.